Kelebihan dan Kekurangan Pakai Ring Piston 3C1 pada New Vixion

gambar ring piston 3c1 untuk NVL NVA

Berbicara soal New Vixion, Pasti pembaca sekalian sudah kenal dengan motor sport dengan desain gagah yang juga didukung oleh kaki-kaki lebar serta mesinnya yang bandel banget ini.

Hadirnya New Vixion memang membuat Yamaha merajai pasar motor khususnya motor sport dengan angka penjualannya yang tinggi.

Jika dilihat dari desain dan mesinnya, rasanya tidak heran jika New Vixion menyandang gelar sebagai motor sport terlaris kala itu. Apalagi suksesor dari old Vixion ini punya rangka deltabox yang sudah teruji di lintasan balap motor MotoGP.

Tapi di dunia ini tidak ada hal yang sempurna, begitu juga dengan New Vixion. Dibalik kelebihan yang dibawanya ternyata ada juga kekurangan yang ada pada motor dengan sistem pembakaran injeksi ini.

Apakah kekurangan tersebut?

Kekurangannya adalah Knalpot ngebul saat digeber-geber. Keluarnya asap putih ini jelas-jelas mengganggu, apalagi terjadi pada motor sport yang dibanderol dengan harga lebih dari dua puluh juta rupiah.

Setelah mondar-mandir browsing di internet untuk mencari informasi tentang cara mengatasi New Vixion ngebul dan juga berdiskusi dengan salah satu mekanik Yamaha, akhirnya terbongkar sudah penyebab dari masalah ini.

Ternyata akar dari masalah ini adalah kurang kuatnya ring piston yang ada pada mesin New Vixion. Ring berkode 1PA ini punya celah yang bisa disusupi oli jika digeber pada rpm tinggi, itulah alasan kenapa keluar asap putih dari knalpot.

Solusi untuk mengatasi New Vixion ngebul adalah mengganti ring piston 1PA dengan ring piston 3C1. Harga ring piston old Vixion kode 3C1 ternyata lebih mahal dibandingkan dengan harga ring piston kode 1PA bawaan New Vixion Lightning.

Saya sudah melakukan penggantian ring piston Vixion NVL ini menggunakan ring piston 3C1 kepunyaan old Vixion. Karena berbarengan dengan bercampurnya air radiator dan oli, saya juga mengganti blok dan juga pistonnya sekalian.

Saya menggunakan piston kit yang berisi piston 3C1 dan juga Ring dengan kode 3C1. Sayangnya saya tidak mendapatkan blok berkode 3C1 karena sudah tidak diproduksi lagi.

Kelebihan serta Kekurangan Menggunakan Ring dan Piston 3C1 pada New Vixion

Ternyata menggunakan Ring dan Piston Kode 3C1 membawa beberapa kelebihan, tapi ada kekurangannya juga. Lebih lengkapnya lagi brosis bisa simak pengalaman saya berikut ini.

Kelebihan

Pada ulasan pertama ini, saya akan menjelaskan tentang kelebihan serta manfaat memakai ring dan piston old Vixion kode 3C1 pada New Vixion. Berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat yang saya rasakan.

1. Nggak Ngebul Lagi

Sesuai dengan yang saya inginkan, ternyata kasus New Vixion lightning ngebul benar-benar teratasi dengan menggunakan ring piston old Vixion kode 3C1 ini. Saya mencoba menggeber-geber hingga menarik gas rampai RPM tinggi, ternyata tidak ada lagi asap putih yang biasanya keluar.

2. Kasus Vampir Oli Teratasi

Kurang kuatnya ring seher 1PA memang membuat motor jadi ngebul saat digeber-geber. Hal inilah yang membuat New Vixion khususnya Lightning dikenal sebagai motor yang haus oli, bahkan dijuluki sebagai vampir oli.

Setelah menggunakan Ring dan piston 3C1, masalah ini teratasi. Bahkan saya sudah membahasnya pada artikel tentang Tes Penyusutan Oli Yamalube Super Sport pada New Vixion.

3. Suara Mesin Lebih Halus

Selain dikenal sebagai vampir oli, New Vixion lightning juga dikenal dengan motor yang suaranya kasar. Banyak juga yang menyalahkan blok 1PA pada kasus ini. Tapi ternyata dengan menggunakan piston kit 3C1 suara lebih halus meskipun tetap menggunakan blok 1PA.

Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihannya, saya juga akan menceritakan tentang kekurangan menggunakan piston dan ring old Vixion kode 3C1 ini. Berikut kekurangannya.

1. Membutuhkan dana besar

Satu-satunya kekurangan yang ada adalah biaya yang perlu dikeluarkan lumayan besar. Disini saya perlu merogoh kocek 1 jutaan, tapi jika dibandingkan dengan hasilnya, saya benar-benar puas. Untuk rincian biayanya bisa brosis baca di artikel Segini Biaya Ganti Blok dan Piston New Vixion

Penutup

Seperti itulah kiranya kelebihan dan kekurangan pakai ring dan piston old Vixion kode 3C1 pada Vixion lightning berdasarkan pengalaman saya. Ternyata ada banyak kelebihannya, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan