Segini Biaya Ganti Blok dan Piston New Vixion

foto blok 1PA dan seher 3C1 original New Vixion

Menginjak usianya yang sudah menginjak 4 tahun. Sudah ada parts pada New Vixion saya yang perlu diganti, parts tersebut adalah blok dan seher perannya sangat penting pada mesin motor.

Kenapa harus diganti?

Yang pertama alasannya adalah karena usia new Vixion saya sudah berusia 4 tahun sejak pembeliannya pada tahun 2015 lalu, tentu sudah ada parts aus yang sudah waktunya untuk diganti. Hal ini ditandai dengan suara mesin yang kurang nyaman didengar dan asap tipis yang muncul dari knalpot.

Maka dari itu saya berniat untuk mengganti blok dan seher new Vixion secara berbarengan. Setelah menunggu beberapa hari ketika menyiapkan dana, akhirnya saya memutuskan untuk berdiskusi dengan mekanik Yamaha SIP Sumbersari yang terletak di kota Jember.

Setelah berdiskusi dengan mekanik Yamaha SIP sumbersari Jember, akhirnya saya mantap untuk mengganti blok dan seher new Vixion saya yang sebelumnya paking headnya bocor hingga akhirnya air radiator merembes ke ruang pembakaran.

Saya meminta mekanik untuk mengganti blok dan seher new Vixion saya dengan piston kit dan blok seher milik old Vixion yang berkode 3C1, namun mekanik berkata jika blok 3C1 sudah tidak di produksi lagi, jikapun ada itupun merupakan blok copotan atau bekas yang banderolnya sangat mahal.

Jadi saya harus tetap menggunakan blok 1PA yang merupakan blok original new Vixion lightning, sedangkan piston kit atau sehernya menggunakan bawaan old Vixion yang berkode 3C1. Tanpa ragu-ragu saya mengiyakan saran tersebut karena sesuai dengan keinginan.

Kenapa menggunakan piston kit 3C1?

Saat mekanik Yamaha SIP Sumbersari menyarankan agar menggunakan piston kit 3C1 bawaan Old Vixion, saya langsung setuju. Tentu hal ini tidak ditentukan secara sembarangan, karena kualitas piston kit terutama ring seher berkode 3C1 lebih bagus dibandingkan dengan piston kit 1PA yang kurang kuat.

Kurang kuatnya ring seher bawaan New Vixion Lightning yang berkode 1PA membuat New Vixion lightning atau yang disingkat NVL dikenal sebagai motor yang haus oli dan gampang ngebul saat digeber pada rpm tinggl, karena itulah saya mantap untuk menggunakan piston kit 3C1.

Tak perlu lama kemudian saya menyerahkan kunci kontak dan STNK kepada mekanik Yamaha SIP Sumbersari, karena saya memiliki banyak tugas yang perlu dikerjakan, saya memutuskan untuk mempercayakan kepada mekanik yang sudah lama jadi langganan.

Keesokan harinya saya memutuskan untuk menuju dealer Yamaha SIP Sumbersari, ternyata motor New Vixion lightning saya sudah diganti blok 1PA dan piston kit 3C1, sang mekanik menyarankan supaya saya berkendara jangan terlalu kencang karena blok dan seher perlu melewati masa inreyen.

Bagaimana hasinya?

Yang saya rasakan setelah menggunakan blok 1PA dengan piston kit 3C1 suara motor menjadi lebih halus dibandingkan sebelumnya. Tidak ada asap yang muncul ketika motor digeber pada rpm tinggi yang merupakan penyakit bawaan motor New Vixion Lightning.

Selain itu kesan vampir oli yang selama ini melekat pada New Vixion Lightning menjadi sirna karena menggunakan ring piston 3C1 yang lebih rapat dan bagus kualitasnya. Overall saya puas banget dengan penggunaan blok 1PA dengan piston kit 3C1 ini.

Berapa biaya yang dihabiskan untuk mengganti blok dan piston kit New Vixion Lightning?

Tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, saya perlu membeli piston kit serta seher dan juga paking mesin, oli juga air radiator. Lebih rincinya lagi, berikut ini adalah biaya lengkap ganti blok dan seher New Vixion.

No PartsNama PartsJumlah PartsHarga
1PA-E1311-00Silinder/Blok1 PcRp 308.182
1S7-E1351-00Gasket Silinder1 PcRp 16.364
3C1-E1181-01Gasket Silinder Head1 PcRp 14.545
3C1-WE160-00Piston Kit1 SetRp 302.727
90793-AJ801Yamacolant1 BotolRp 34.000
90793-AJ436Yamalube Sport1 botolRp 42.727
-Biaya Servis Besar-Rp 136.364

Biaya diatas belum termasuk PPN 10%

Demikian informasi mengenai biaya ganti blok dan seher New Vixion Lightning yang menjadi bahasan artikel kali ini. Jangan lupa untuk selalu merawat motor supaya performanya bisa tetap prima, terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga beberapa artikel lainnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url