Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan

gambar kabel kopling motor yang putus

Pada motor sport dan juga ayam jago dibekali dengan kopling manual. Fungsi kopling adalah sebagai sebagai penghubung dan pemutus tenaga putaran mesin dari poros engkol.

Dengan hadirnya teknologi kopling manual tentu saja kita bisa dapat mengatur perpindahan transmisi dari motor sesuai dengan selera pengendara nya. Biasanya tuas kopling manual ada disebelah kiri stang motor.

Dibalik kelebihannya, ternyata ada juga penyakit yang sering terjadi pada kopling manual. Salah satunya adalah kabel kopling yang putus, meskipun kerusakan ringan, kejadian ini sangat menyusahkan ketika terjadi di jalan.

Apalagi kabel kopling yang putus terjadi dijalanan sepi yang jauh dari bengkel, wah semakin menyusahkan pastinya. Tapi ada juga tips yang bisa bro sis lakukan sebagai pertolongan pertama kabel kopling putus ditengah jalan.

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus Dijalan

Berikut ini satugeber.com akan membagikan tips untuk mengatasi kabel kopling putus dijalan yang bisa kamu praktekkan. Lebih lanjutnya lagi, silahkan dicermati langkah-langkahnya berikut ini.

1. Apabila kabel kopling putus saat motor berhenti, jangan masukan gigi terlebih dahulu.

2. Silahkan dorong motor berkopling manual kamu hingga bannya berputar.

3. Kemudian injak perseneling untuk memasukkan gigi.

4. Lalu mesin Motor akan hidup dan bisa dikendarai.

5. Jika hendak mengoper gigi terutama ketika ingin menurunkan gigi, usahakan agar motor dalam keadaan yang stabil.

6. Selesai

Kesimpulan

Cara mengatasi kabel kopling yang putus ini bisa dijadikan pertolongan pertama ketika kejadian di jalan yang jauh dari bengkel. Jika dekat dari bengkel usahakan untuk melakukan penggantian tali kopling yang berkualitas bagus.

Tak perlu khawatir motor kamu akan rusak apabila mengoper gigi tanpa kopling manual karena tidak akan mengakibatkan kerusakan. Tapi perlu dicatat ini cuma untuk pertolongan pertama saja ya.

Penutup

Jika dicermati ternyata motor yang kabel kopling nya putus ternyata masih bisa dikendarai, jadi jangan panik jika kejadian ini terjadi. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url