Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

gambar BBM terbaik untuk old Vixion, new Vixion, all new Vixion R

Diantara Pertamax, pertalite dan premium manakah yang cocok untuk Yamaha Vixion? Nah itulah kiranya ide dari artikel yang kali ini. Supaya informasi yang kami sajikan bisa tercerna dengan sempurna, silahkan disimak dengan seksama ya.

Ngomong-ngomong tentang motor Yamaha Vixion, sudah tau kan seperti apa wujud dari motor sport ini? Motor sport yang satu ini adalah salah satu motor laki yang angka penjualannya fantastis banget, bahkan pada awal kemunculannya sudah bisa menumbangkan Honda Megapro Primus.

Sudah lebih dari 10 tahun Yamaha Vixion mengaspal di Indonesia. Selama perjalanannya, Yamaha Vixion sudah mengalami beberapa perubahan pada bagian body dan juga teknologi canggih yang tersemat pada mesinnya.

gambar old New Vixion R terbaru

Motor ini sudah mengalami beberapa perubahan mulai dari Vixion generasi pertama yang disebut dengan old Vixion, kemudian New Vixion lightning dan advance. Hingga saat ini ada all new Vixion dan Vixion R yang masih menjadi tulang punggung PT YIMM.

Yamaha Vixion memang keren banget, nggak perlu banyak-banyak melakukan modifikasi, motor ini sudah keliatan keren dari lahirnya. Tak heran motor ini jadi idaman setiap orang, hingga akhirnya muncul jargon 'ora vixion, ora action'.

Selain membawa body yang desainnya keren banget. Yamaha Vixion juga membawa mesin yang tangguh banget. Mesin ini berkubikasi 150 cc (khusus Vixion R 155 cc) dengan teknologi liquid cooled dan lc4v yang sanggup hasilkan tenaga yang cukup besar untuk motor 150 cc.

Punya mesin yang tenaganya mantap, terkadang sewaktu dikendarai tarikannya kurang Joss. Bukan karena adanya kecacatan pada mesin, tapi adanya kesalahan yang dilakukan sang pemilik.

Salah satu kesalahan yang bisa buat tarikan mesin jadi nggak mantap adalah salah dalam memilih bahan bakar yang sesuai. Di Indonesia ada bahan bakar berjenis Pertamax, pertalite dan premium.

Tiap jenis bahan bakar pasti ada perbedaannya, yang paling mencolok adalah nilai oktannya. Untuk jenis pertamax memiliki nilai oktan 92, untuk jenis pertamax plus memiliki nilai oktan 95 sedangkan premium hanya memiliki nilai oktan 88.

Diantara jenis-jenis BBM yang beredar di Indonesia, manakah yang cocok untuk Yamaha Vixion series mulai dari Vixion old, lightning, Advance hingga Vixion R? Simak penjabarannya berikut ini.

Bahan Bakar yang Cocok untuk Vixion

Cara memilih bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion gampang banget. Yang perlu kamu perhatikan adalah spesifikasi dari mesinnya, lalu perhatikan berapa sih perbandingan kompresinya.

Untuk Yamaha Vixion mulai dari old Vixion, Vixion lightning, Vixion advance hingga Vixion R, memiliki perbandingan kompresi 10,4:1. Catat angka tersebut lalu cocokan dengan nilai oktan bahan bakar seperti berikut ini.

  • Premium (oktan 88) cocok untuk perbandingan kompresi 7:1 hingga 9:1
  • Pertalite (oktan 90) cocok untuk perbandingan kompresi 9:1 hingga 10:1
  • Pertamax (oktan 92) cocok untuk perbandingan kompresi 10:1 hingga 11:1
  • Pertamax Turbo (oktan 98) cocok untuk perbandingan kompresi 11:1 hingga 13:0

Mengingat Yamaha Vixion memiliki perbandingan kompresi 10,2:1 , maka bahan bakar yang cocok untuk Yamaha Vixion adalah Pertamax. Nah wajib banget untuk para rider Yamaha Vixion menggunakan Pertamax supaya mesin motor bisa berkerja dengan sempurna.

Akhir kata

Sudah tau kan mana yang lebih cocok diantara pertamax, pertalite dan premium untuk Yamaha Vixion? Jika informasi ini bermanfaat, sempatkan untuk membagikannya di media sosial ya.

Next Post Previous Post
19 Comments
  • Dimas Duta Prasetya
    Dimas Duta Prasetya 12 Februari, 2020

    pake pertalite masih cocok kah utk nvl?

    • Admin
      Admin 12 Februari, 2020

      Boleh boleh saja kalau pakai pertalite, tapi supaya performanya maksimal disarankan pakai Pertamax

  • Unknown
    Unknown 08 Maret, 2020

    Kalok pakai yang pertamax turbo gimana mang?

    • Admin
      Admin 10 Maret, 2020

      Nggak diragukan lagi, bagus banget

  • Unknown
    Unknown 17 April, 2020

    Kalo di campur gpp? Kadang pertalit kadang juga pertamax

    • Admin
      Admin 10 Mei, 2020

      Nggak bagus gan kalo campur-campur BBM

  • Unknown
    Unknown 10 Mei, 2020

    Kata orang" kalau pake pertamax turbo terus menerus gk baik di mesin ya gan ??

    • Admin
      Admin 16 Agustus, 2020

      Tergantung rasio kompresi mesinnya

    • Unknown
      Unknown 28 Maret, 2022

      motor gua new vixion 2014 selalu pake turbo -+ udh 3 thn kompresi standar mlhn CO di naikin ke 13/15 tpi ttp aman aja bang smpai skrng,motor pmakaian harian dan jarak jauh dri jkt ke clp.

  • Unknown
    Unknown 06 Juli, 2020

    Klo dari awal beli motor pkenya premium terus sampai sekarang gimna bang?

    • Admin
      Admin 16 Agustus, 2020

      Supaya perfroma maksimal beralih ke BBM yang sesuai gan

  • Unknown
    Unknown 07 Juli, 2020

    ya klo pake pertalit terus ga papa kan

    • Admin
      Admin 16 Agustus, 2020

      Nggak papa, asal jangan premium premium

  • Unknown
    Unknown 16 Agustus, 2020

    Okta 90 dg 92 berati sama saja om?

    • Admin
      Admin 16 Agustus, 2020

      Beda gan

  • Unknown
    Unknown 19 Juli, 2021

    Bg, kalau vixion advance pakai pertamax turbo efek nya gimana bang?, dan kalau pakai premium gimana bang?

  • Unknown
    Unknown 25 Oktober, 2021

    VIXION STANDART klo mau irit dikantong ya pertalite dah lumayan, klo lebih bagus ya pertamax biasa itu paling sip, kl mau pke pertamax turbo sesekali nggak apa tapi jangan digunakan jangka panjang, karena nnti timbul kerak pembakaran kurang sempurna olinya pun jadi merah bro. Saran ganti bbm dikuras dulu smpek habis isi tangki atau paling tidak smpek indikator fuel udah kedip2 bari isi. Jangan campur2 bbm nanti suara mesin kasar dan nglitik. Sharing aja bro sy pengguna nvl 2014 salam satu aspal.

    • Unknown
      Unknown 09 April, 2022

      Sipp.makasih

  • Unknown
    Unknown 06 Februari, 2022

    Bang aku suka pake pertamak
    Dan sesekali pake pertamak turbo
    Gpp ?

Add Comment
comment url