Pertolongan Pertama Mengatasi Rem Cakram Macet Mendadak

gambar perbaiki rem cakram macet

Rem cakram kamu seret atau macet mendadak? Perlu dibawa ke bengkel tuh. Sebelum dibawa ke bengkel kamu perlu melakukan pertolongan pertama supaya rem cakram kamu tidak macet dan bisa mengendarai nya menuju bengkel terdekat atau lebih bagus lagi ke bengkel resmi.

Rem adalah bagian terpenting pada motor yang wajib diperhatikan. Saat ini ada 2 macam rem yang banyak digunakan, yaitu rem cakram dan juga rem tromol yang siap membantu untuk memberhentikan laju motor.

Di dunia ini semua barang pasti akan rusak jika waktunya tiba, begitu juga dengan rem. Jika rusak tentu saja nyawa pengendara bisa terancam apalagi jalanan Indonesia termasuk salah satu yang teramai di dunia.

Kerusakan rem yang sangat familiar adalah rem blong, tapi tidak hanya itu, ada juga kerusakan lainnya yang sama-sama bisa mengancam nyawa pengendara nya.

Kerusakan rem tersebut adalah rem seret atau bahkan bisa macet yang terjadi secara mendadak. Kerusakan ini umumnya terjadi pada motor yang menggunakan rem cakram, saya pun pernah mengalaminya.

Rem cakram yang macet atau seret secara mendadak diakibatkan oleh rusaknya master rem. Cara memperbaiki nya gampang banget, kamu tinggal mengunjungi bengkel resmi. Biayanya pun nggak mahal amat, saya sudah pernah membahasnya di artikel Biaya perbaikan master rem belakang new Vixion.

Kejadian yang rem cakram belakang macet tersebut saya alami dirumah, jadi saya bisa tenang dan meminta tolong kepada teman saya untuk mengakali rem belakang yang macet supaya tidak seret dan bisa diajak ke dealer.

Jika kejadian kurang mengenakkan ini terjadi di rumah, tentu kita bisa tenang karena masih bisa meminta tolong kepada tetangga atau teman.

Lalu kalau dijalan gimana?

Tentu saja kamu pasti panik, semua hal di dunia ini pasti amburadul jika diserang kepanikan. Tapi tenang saja ada tips dan trik supaya rem cakram macet bisa digunakan lagi paling tidak sampai kamu tiba di bengkel.

Pertolongan pertama rem cakram macet mendadak ini gampang banget. Kamu tinggal menggunakan beberapa kunci yang ada pada toolkit bawaan, untuk langkah-langkahnya bisa kamusimak berikut ini.

Pertolongan Pertama Rem Cakram Macet Mendadak di Jalan

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tenang, dan mencari tempat yang nyaman untuk memarkir motor.

2. Silahkan gunakan standar dua pada motor, putar ban motor untuk memastikan rem cakram benar-benar macet. Jangan pegang piringan cakram karena sangat panas.

3. Buka jok motor dan ambil kunci berukuran 8 mm.

4. Cungkil kampas rem cakram yang macet, hal ini bertujuan untuk mengatasi kampas rem yang mengapit cakram hingga berujung macet.

5. Setelah itu, putar ban motor lalu perhatikan masih seret atau sudah lancar. Jika seret silahkan ulangi langkah ke-empat.

6. Jika ban motor sudah berputar dengan lancar, maka masalah rem cakram macet kamus sudah berhasil teratasi.

7. Selesai

Catatan

Perlu kamu ingat tutorial ini adalah pertolongan pertama, jadi bukan berarti rem cakram motor kamu yang macet benar-benar sudah normal. Jangan gunakan lagi rem cakram yang macet hingga kamu melakukan penggantian master rem di bengkel.

Akhir kata

Nah itulah pertolongan pertama rem cakram macet yang bisa kamu praktekan. Jangan lupa untuk melakukan penggantian atau servis master rem cakram yang rusak dengan yang baru dan original.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan