Segini Biaya Ganti Master Rem Cakram Belakang New Vixion

gambar cara atasi rem belakang New Vixion yang macet

Lagi nyari informasi tentang cara memperbaiki rem cakram belakang New Vixion yang macet? Artikel ini pas banget buat kamu, karena akan menyajikan informasi teraktual tentang cara mengatasi rem belakang New Vixion macet lengkap dengan biaya yang perlu dikeluarkan.

Ciri-ciri master rem cakram belakang New Vixion bermasalah ditandai dengan macetnya rem belakang, namun terkadang bukan berarti 100% roda belakang tidak bisa berputar, roda belakang bisa saja berputar namun berat banget untuk memutarnya. Jika masalah ini terjadi pada motor kamu, sudah pasti master rem nya bermasalah.

Pada awalnya, saya berpikir bahwa rem belakang tersebut mengalami masuk angin karena jika minyak rem dibuang atau diganti rem cakram belakang bisa berfungsi kembali secara normal.

Akan tetapi selang beberapa hari kemudian kejadian rem cakram belakang new Vixion saya kembali macet, maka dari itu saya memutuskan untuk mengunjungi dealer Yamaha SIP Sumbersari.

Dan ternyata dugaan saya salah, ternyata masalah macetnya rem cakram belakang New Vixion milik saja terjadi karena master rem belakang yang sudah waktunya untuk diganti.

Jika dibiarkan apakah ada dampak negatifnya?

Dampak pertama yang akan terjadi jika kamu membiarkan rem cakram macet adalah lama-kelamaan piringan cakram akan menipis karena terus bergesekan layaknya ngerem ketika digunakan.

Parahnya lagi gesekan tersebut lama kelamaan memicu panas, jika digunakan untuk menempuh jarak yang jauh bisa-bisa memicu kebakaran. Meskipun termasuk kerusakan ringan, jika dibiarkan bisa memicu masalah yang lebih besar.

Karena memiliki resiko yang sangat membahayakan, perlu rasanya untuk segera memperbaiki macetnya rem cakram belakang tersebut. Jika tidak diperbaiki resikonya cukup tinggi, bahkan tidak menutup kemungkinan berpotensi memicu terjadinya kecelakaan.

Parts apakah yang harus diganti?

Menurut Hasbi Azis yang merupakan mekanik dari Yamaha SIP Sumbersari Jember, Parts yang perlu diganti apabila rem belakang new Vixion macet adalah master rem. Umumnya master rem harus diganti ketika motor sudah cukup berumur.

Saya pun langsung mengiyakan saja penggantian master rem New Vixion saya yang sudah menginjak usia 4 tahun. Sembari menunggu penggantian master rem New Vixion tersebut, saya duduk di ruang tunggu sembari menikmati teh botol Sosro yang di sajikan sang mekanik.

Tak lama kemudian proses penggantian master rem pada New Vixion milik saya selesai, saya pun disuguhi tagihan yang perlu dibayar. Ternyata tidak terlalu besar biaya yang dikeluarkan untuk penggantian master rem belakang tersebut.

Setelah penggantian master rem belakang, rem cakram belakang motor saya ternyata normal sekali. Ban belakang bisa diputar dengan mudah, tidak berat seperti yang terjadi sebelumnya. Berikut ini adalah total biaya yang perlu dikeluarkan untuk penggantian master rem belakang new Vixion:

Nama PartHarga
Master RemRp 88.000
Minyak rem DOT 3Rp 9.091
Ongkos pasangRp 22.727

Harga diatas belum termasuk PPN 10%

Itulah sedikit pengalaman tentang cara mengatasi rem cakram belakang New Vixion yang macet, ternyata part yang perlu diganti adalah master remnya saja. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi motor, terutama di bagian pengereman yang penting sekali fungsinya.

Cara mengatasi rem cakram belakang New Vixion ini bisa dipraktekkan untuk mengatasi rem cakram belakang macet pada motor merk lainnya. Hanya saja mungkin biaya yang perlu dikeluarkan untuk penggantian master rem yang berbeda. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan