Inilah Penyebab Munculnya Asap Hitam dan Putih dari Knalpot Motor

gambar perbaiki knalpot motor keluar asap putih hitam

Banyak yang beranggapan bahwa knalpot mengeluarkan asap diakibatkan oleh kerusakan pada jeroan mesin motor. Tapi tahukah kamu keluarnya asap dari knalpot tak selamanya adalah pertanda buruk.

Jika munculnya asap pada motor 2 tak, tentu kamu tidak perlu khawatir atau bahkan stress karena hal ini. Justru ini pertanda bahwa pembakaran pada motor dua tak terjadi dengan sempurna.

Motor 2 tak mengeluarkan asap putih yang disebabkan oleh oli samping yang melumasi bagian seher, boring, kruk as dan setang seher. Jika tidak ada asap, bisa berarti kekurangan oli atau adanya masalah pada bagian pelumasannya.

Tapi jika terjadi pada motor 4-tak perlu sekali untuk memperhatikannya. Tapi jangan terlalu panik karena ada masanya juga munculnya asap dari knalpot motor 4 tak bukan berarti adanya kerusakan pada mesin motor.

Pada motor 4 tak biasanya muncul asap putih atau asap hitam. Ada penyebab yang berbeda-beda yang menyebabkan munculnya asap pada motor 4 tak ini.

Penyebab Munculnya Asap Hitam dan Putih dari Knalpot

Berikut ini adalah penyebab asap hitam dan putih yang keluar dari knalpot. Bukan hanya membahas penyebabnya, postingan kali ini juga akan membahas tentang cara memperbaiki nya.

1. Penyebab dan Solusi atasi Munculnya Asap Hitam dari Knalpot Motor

Pertama-tama kita bahas dulu tentang munculnya asap hitam dari knalpot motor. Hal ini disebabkan oleh oleh pembakaran yang tidak sempurna karena konsumsi bahan bakar terlalu boros.

Kamu tidak perlu panik dengan terjadinya hal ini. Yang perlu kamu lakukan adalah menyetel campuran bahan bakar di karburator.

Selain disebabkan oleh konsumsi bahan bakar yang terlalu boros, momen kurang mengenakkan ini juga bisa diakibatkan oleh filter udara yang kotor. Jadi kamu harus melakukan penggantian dengan yang baru.

2. Penyebab Dan Solusi atasi Munculnya Asap Putih dari Knalpot Motor

Jika muncul asap putih dari knalpot motor 4 tak, kamu harus waspada. Pasalnya hal ini adalah pertanda bahwa ada kerusakan pada bagian dalam mesin motor kamu.

Asap putih dari knalpot motor muncul karena adanya oli yang terbakar. Tersangka pertama penyebab kasus ini adalah ring piston atau bahkan blok silinder yang sudah aus dan beret.

hal ini juga bisa terjadi akibat seal klep yang bocor, batang klep yang bengkok dan juga pemasangan klep yang salah.

Penutup

Begitulah penyebab dan solusi mengatasi asap hitam serta putih yang muncul dari knalpot motor. Semoga postingan ini bisa bermanfaat, Terimakasih sudah membaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan