Ban Belakang Motor Goyang? Ini Penyebab dan Biaya Memperbaikinya

gambar cara Perbaiki dan biaya ban belakang Vixion goyang

Ban belakang motor kamu goyang geal-geol? Artikel ini pas banget nih, karena akan membahas tentang penyebab serta biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki badan belakang motor yang goyang ini berdasarkan pengalaman.

Menginjak usianya yang ke empat tahun, new Vixion yang saya andalkan untuk berpergian sudah menunjukan tanda-tanda harus keausan part-nya, pada kala itu pada bagian arm ada hal yang saya rasa tidak beres.

Pada saat berkendara ke Banyuwangi, saya merasa ada hal yang kurang nyaman pada bagian belakang. Rasanya seperti ban belakang goyang ketika melakukan cornering di jalan gumitir yang tikungannya sadis banget.

Sewaktu tiba di rumah Tante saya yang berlokasi di Glenmore, Banyuwangi, saya memutar ban belakang sembari memperhatikan, apa sih hal yang buat saya nggak enak sewaktu cornering di jalan gumitir.

Ternyata ban belakang serta swing armnya goyang geal-geol layaknya cewek berbodi bahenol yang sedang jalan. Menurut pengalaman teman-teman, Bosh arm dan juga bearing arm adalah penyebabnya.

Keesokan harinya, saya langsung pulang dan langsung menuju dealer langganan yang terletak di sumbersari, Jember. Ternyata antriannya panjang banget, perlu kesabaran untuk menjalaninya.

Sembari antrean servis di dealer Yamaha sip sumbersari yang lumayan panjang, saya menunggu di ruang tunggu khusus sambil menikmati teh botol Sosro yang diberikan oleh kasir Yamaha.

Setelah setengah jam menunggu antrian, akhirnya giliran motor saya yang diperiksa. Saya dipanggil mekanik Yamaha untuk berdiskusi tentang penyebab ban belakang new Vixion saya geal-geol. Sesuai dengan prediksi ternyata penyebabnya adalah bearing arm yang sudah waktunya untuk diganti.

Tanpa ragu-ragu saya langsung menyetujui penggantian bearing arm yang sudah Oblak tersebut. Saya juga menanyakan apakah Bosh arm sudah waktunya diganti, ternyata Bosh arm masih dalam kondisi bagus. Jadi cuma bearing arm nya saja yang diganti.

30 menit berlalu, saya kembali dipanggil mekanik. Mekanik tersebut menginformasikan part yang diganti sembari menunjukan bearing arm yang sudah hancur tersebut.Ternyata penggantiannya nggak lama, hanya saja antreannya saja yang lama.

Setelah keluar dari dealer, saya mencoba memutar ban belakang dan memperhatikan arm belakang. Ternyata benar, penyakit arm goyang geal-geol sudah terobati. Dan sayapun kembali melanjutkan perjalanan untuk pulang ke rumah.

Nah supaya informasi yang saya sajikan semakin lengkap. Berikut ini adalah informasi tentang biaya penggantian bearing arm new Vixion di bengkel resmi Yamaha SIP sumbersari, Jember.

Biaya

Nomor PartNama PartJumlahHarga
93317-218Y1Bearing2 pcsRp 63.636
Ongkos pasang Rp 31.818

Penutup

Itu saja tentang cara mengatasi ban belakang motor goyang geal-geol, meskipun kerusakan ringan jika dibiarkan bisa memicu kecelakaan lho. Terimakasih sudah membaca, silahkan baca juga artikel menarik lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan