Review Oli X-TEN XT-40 Sport, Oli 50 Ribuan yang Mengandung Ester

foto kemasan oli X-TEN XT-40 Sport untuk New Vixion

Oli x-ten adalah sebuah brand oli yang dijual di planet ban. Oli ini menawarkan oli berbahan Ester yang merupakan teknologi tertinggi oli. Berbeda dengan oli Ester pabrikan lain yang harganya mahal, oli x-ten ester hanya dibanderol mulai dari 40 ribuan.

Saya sendiri baru tau mengenai oli x-ten ketika mengganti ban depan New Vixion Lightning tunggangan sehari-hari kesayangan. Pada waktu itu saya ditawari oli X-TEN XT-40 Sport yang merupakan oli khusus untuk motor sport.

Kemudian saya lihat botolnya, terpampang jelas tulisan Ester base. Saya sempat mendengar kata Ester pada oli Motul Ester yang harganya sekitar 150 ribuan untuk per botol yang berisi 1 liter oli.

Mekanik planet ban berkata oli X-TEN XT-40 Sport hanya dibanderol dengan harga 52 ribuan saja, harganya jauh lebih murah dibandingkan oli Ester pabrikan lainnya. Tak heran saya langsung kepincut untuk menggunakan oli X-TEN XT-40 Sport sebagai pelumas untuk mesin motor saya.

Untuk mendapatkan oli x-ten kamu hanya bisa membelinya di toko atau gerai Planet ban terdekat di kota kamu. Jadi jangan harap bisa mendapatkan oli x-ten di bengkel pinggir jalan ya

Kenapa hanya bisa didapatkan di planet ban?

Menurut penuturan mas Baihaqi yang merupakan mekanik di toko planet ban wirolegi Jember, hal tersebut dilakukan supaya bisa meminimalisir oli x-ten palsu. Dipikir-pikir betul juga, selama ini oli dari brand ternama yang bisa didapatkan dimana-mana menjadi korban pemalsuan oli yang apabila digunakan terus-menerus akan berdampak buruk pada mesin.

Selain itu mekanik planet ban yang berdomisili di Kebonsari Jember ini berkata dengan dipasarkannya oli ini hanya di toko planet ban, biaya distribusi akan menjadi lebih murah. Hal ini yang jadi alasan kenapa oli x-ten harganya murah walaupun kandungannya Ester.

Oli X-TEN XT-40 Sport hadir dengan kemasan berisi 1 liter oli. Oli Ester ini memiliki spesifikasi kekentalan SAE 10W-40 dengan sertifikasi JASO MA / API SL. Oli ini membawa beberapa fitur andalan seperti:

Fitur

  1. Degradasi minim, waktu penggantian 2x lebih lama dari oli biasa (>5000km).
  2. Tetap prima pada suhu tinggi, menjaga akselerasi motor tetap stabil.
  3. Membentuk lapisan pelindung dinding silinder dari gesekan piston sehingga umur mesin menjadi lebih panjang.
  4. Kemampuan cleansing tinggi, dapat membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran. Kelas oli yang lebih rendah akan terus menyisakan kerak sisa-sisa pembakaran di bagian mesin, yang akan mengganggu performa mesin.

Jika dilihat dari spesifikasi dan fitur yang dibawanya, jelas terlihat oli ini sangat berkualitas. Namun bagaimana hasil tes pada kenyataannya? Silahkan simak review oli X-TEN XT-40 Sport sport pada motor New Vixion berdasarkan pengalaman pribadi ini:

Review

Kesan pertama saat pertama kali menggunakan oli X-TEN XT-40 Sport tidak sama bedanya ketika saya menggunakan oli Shell advance AX7. Saat melakukan perjalanan dengan rpm rendah, sangat nikmat sekali suara mesin sangat halus dengan oper gigi yang juga halus.

Yang saya rasakan ketika menggeber motor pada rpm tinggi adalah hilangnya getaran pada mesin, suara mesin tidak terlalu meraung-raung. Nampaknya oli X-TEN XT-40 Sport memang ditujukan untuk penggunakan rpm tinggi, jadi jika kamu suka geber-geberan oli ini akan pas banget.

Kesan oper gigi halus terus berlanjut sampai pemakaian oli ke 1000 km. Tarikan enteng masih juga terasa, nampaknya kandungan Ester pada oli ini benar-benar berkualitas tinggi. Sampai disini saya masih benar-benar dipuaskan oleh oli Ester 50 ribuan ini.

Menginjak jarak tempuh ke 1500 km, saya rasakan mesin sudah mulai gampang panas, namun tidak mengurangi performa tarikan enteng dan oper gigi halusnya. Saya cek dipstik oli ternyata masih cukup banyak dengan warna oli yang sudah menghitam.

Tepat ketika oli sudah menempuh jarak 1.800 km, oper gigi sudah mulai keras dengan suara yang cukup bising. Maka dari itu saya mengakhiri masa pakai oli X-TEN XT-40 Sport pada 1.800 km. Selain karena oper gigi yang mulai kurang nyaman, New Vixion dikenal sebagai salah satu motor vampir oli, saya khawatir penyusutan olinya.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga setara oli semi sintetik, oli X-TEN XT-40 Sport mencoba menawarkan oli berkualitas mantap yang dibanderol dengan harga murah. Cukup dengan harga 50 ribuan anda sudah bisa menggunakan oli berbahan Ester yang merupakan kelanjutan tertinggi pada oli.

Saya dibuat puas oleh oli ini karena oper gigi halusnya dan tarikan lebih enteng dari biasanya. Namun saya hanya menggunakan oli ini hingga 1.800 kilometer saja karena sebelumnya saya tidak pernah menggunakan oli hingga jarak tempuh yang lumayan jauh ini.

Dan ternyata dugaan saya salah, dari pemakaian 1.800 km, oli X-TEN XT-40 Sport hanya mengalami penyusutan sekitar 100 mililiter saja. Lebih sedikit dibandingkan penyusutan oli Yamalube sport dan Shell advance AX7.

Penutup

Saya kira itu saja review pengalaman menggunakan oli X-TEN XT-40 Sport pada motor New Vixion. Bagaimana dengan pengalaman kamu? Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Komentar

  1. Belum pernah coba jadi penasaran...

    BalasHapus
  2. Baru mau nyoba, cr review..soalnya x-ten masih asing kita dengar.. Makasih reviewnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, jangan ragu nyoba mantap soalnya hehe

      Hapus
  3. Saya juga tertarik dg oli xten ini makanya cari" reviewnya dlu..heheh saya pengguna setia shell advance ax7, tapi kalau oli xten ini dirasa lebih baik kayaknya saya akan pindah ke oli xten. Oya gan, saat pakai shell ax7, pergantian oli maks berapa km?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shell ax7 tahan sampai 2.000 km gan, tapi biasanya saya ganti 1.500 km gan

      Hapus
  4. Ini saya baru ganti ban motor yg belakang. Sekali an ganti oli ExTen tapi gk biasa nya cepat panas dari oli seblm nya pake enduro untuk motor vixion tpi saya blm coba untuk jalan jauh seperti apa tarikan nya. Kata mekanik nya bagus klo dg harga segitu 52.000 nanti aku buktikan seperti apa tarikan nya klo makin lambat tarikan nya ya terpaksa aku ganti lagi oli semula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap ane sudah lama pakai xten xt 40

      Hapus
  5. Saya rasa sih enak ya olinya. Barusan aja ane beli dan rasanya emang enak.. Nunggu beberapa ribu km lagi baru bisa nyimpulin apa emang beneran deh enak.

    BalasHapus
  6. Pengen nyoba ke Wolverine besok. Sdh pki di beat, lumayan bagus x ten matic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dibilang terbaik di kelasnya

      Hapus
  7. Pengalaman ane dengan oli x-ten (perbandingan dengan ax7) kelebihan nya:
    dari daya tahan, mampu hingga 5000km. 2x lipat dari ax7.
    Oper gigi juga halus walaupun sampai 5000. Sementara ax7 di angka 2000 mulai keras oper gigi.
    Merk Oli berpengaruh dengan konsumsi bensin ga gan ?. Karena untuk konsumsi bensin x-ten ga lebih irit dari ax7. CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kondumdi BBM tergantung cara berkendara gan, kalo pake oli xten memang enak banget buat geber-geberan, jadi nggak heran kalo sedikit lebih boros, kalo bisa nahan gas, bisa lebih ngirit gan

      Hapus
  8. Wah sesama pengguna NVL nih, susut nya lumayan sedikit ya ? Padahal penggunaan berat kan ? Review dong tembus 2000km lebih bisa susut brp heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyusutnya nggak banyak-banyak amat kok gan, dengan catatan NVL saya pake piston kit 3c1

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan