5 Merk Aki Motor Terbaik di Indonesia

gambar aki kering dan aki basah

Dalam kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil pasti dilengkapi dengan aki. Fungsi aki adalah sebagai penyimpan daya listrik yang disalurkan ke bagian yang membutuhkan arus listrik DC atau direct current contohnya klakson, electric starter dan juga electronik control unit atau disingkat ECU pada motor injeksi.

Jika aki mengalami kerusakan atau sering disebut dengan istilah soak, sudah pasti beberapa bagian dalam motor akan tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Untuk motor lama yang mungkin hanya klakson dan electric starter yang tidak bisa digunakan, namun pada motor injeksi bisa-bisa mesin motor tidak bisa hidup seperti pada New Vixion, Mio j dan Ninja FI.

Kenapa aki bisa soak?

Semua parts dalam motor pasti memiliki usia pakai, bisa bertahan lama bisa juga lebih cepat dari yang diperkirakan. Tak melulu usia pakai, terkadang mutu dari parts juga menentukan usia pakainya, sama halnya dengan aki yang dikenal sangat sensitif.

Umumnya aki bisa bertahan hingga 2-3 tahun, namun tidak sedikit juga yang cepat soak saat digunakan beberapa bulan. Maka dari itu memilih aki yang bagus perlu dilakukan supaya aku bisa bertahan hingga jangka waktu yang lama.

Bagaimana cara memilih aki yang bagus?

Setiap motor pasti memiliki kebutuhan daya yang berbeda-beda, maka dari itu kami sarankan kamu untuk memilih aki yang sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan motor yang kamu gunakan. Selain itu perhatikan juga merk aki yang hendak kamu beli, karena percuma kamu membeli aki sesuai dengan spesifikasi namun kualitasnya abal-abal.

Jika kamu sedang bingung mencari aki yang bagus untuk motor, kami memiliki beberapa rekomendasi merk aki terbaik untuk motor yang sudah benar-benar teruji kualitasnya. Silahkan dipilih sesuai dengan selera dan kemampuan keuangan pastinya.

1. GS Astra

gambar aki aki GS Astra

Siapa sih yang tidak kenal dengan aki GS Astra? Merk aki yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Hingga artikel ini ditulis GS Astra sudah memiliki banyak produk aki baik itu aki kering maupun basah yang bisa digunakan untuk motor serta mobil.

Aki GS Astra dikenal dengan ketahanannya yang bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu aki GS Astra juga bisa didapatkan dengan harga yang murah dan sangat terjangkau. Jangan ragukan kualitasnya, aki GS Astra sudah mendapat sertifikasi SNI yang sangat terjamin mutunya.

2. Yuasa

gambar aki Yuasa

Selain GS Astra ada juga Yuasa yang memiliki jam terbang tinggi dalam membesut sebuah aki berkualitas tinggi. Sama dengan kompetitor merk aki terbaik sebelumnya, Yuasa juga membanderol aki kering dan basah besutannya dengan harga yang murah.

Saking bagusnya kualitas aki besutan Yuasa, pabrikan motor yang beroperasi di Indonesia seperti Yamaha, Honda dan Suzuki memilih untuk menyertakan aki Yuasa sebagai aki standar bawaan motor besutannya.

3. Daytona

gambar aki daytona

Selain memiliki banyak produk berupa part motor yang dikhususkan untuk keperluan racing, daytona juga merilis beberapa produk yang bisa digunakan untuk harian seperti busi, kampas kopling, rantai dan juga aki sesuai dengan topik artikel ini.

Aki daytona hadir dengan teknologi canggih yang tak kalah dari merk aki terbaik sebelumnya. Aki daytona terdapat dua jenis aki diantara Supercharge Standard dan Supercharge Nano Gel. Kamu bisa mendapatkan aki Daytona mulai dari 200 ribuan tergantung jenis motor yang kamu gunakan.

4. Motobatt

gambar aki Motobatt

Selanjutnya adalah Motobatt, brand aki motor terbaik nomor empat ini hadir dengan teknologi berbahan cairan elektrolit berupa gel, yang dapat menghasilkan suplai aliran listrik yang tinggi dan stabil. Aki Motobatt dibungkus rapi dengan kemasan berbahan kuning yang terlihat sangat menarik.

Di Indonesia, Motobatt hanya mengedarkan aki kering dengan fitur maintenance free jadi kamu tidak usah repot-repot melakukan perawatan aki. Aki Motobatt bisa kamu dapatkan dengan merogoh kocek mulai dari 200 ribuan saja.

5. Bosch

gambar aki Bosch

Daftar merek aki motor terbaik ditutup oleh Bosch. Bosch merupakan salah satu merk terkenal yang banyak memproduksi part motor-motor di belahan dunia termasuk Indonesia. Walaupun berkualitas tinggi, aki Bosch dibanderol mulai dari 150 ribuan.

Sama halnya dengan merk aki pengisi daftar aki motor terbaik ini, aki Bosch juga tersedia dalam jenis aki kering saja. Jangan ragukan kualitasnya, brand aki ternama dunia ini sudah mengantongi lisensi SNI yang merupakan standar kualitas barang yang berlaku di Indonesia.

Penutup

Kami rasa itu saja merek aki kering dan basah terbaik yang beredar di Indonesia. Jangan lupa untuk memastikan keaslian aki karena banyak sekali aki imitasi yang berkualitas abal-abal.

Komentar

  1. Aki FB (Furukawa Baterai) bagus itu gan, yang standar/biasa aja mungkin menurut q rada bagus dari pada aki GS setelah bertahun-tahun pake GS. Aki FB ini sudah lebih dari 4 tahun dengan penggunaan setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah tambahan nih, terimakasih informasinya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan