Cara Bersihkan Rantai Motor dari Debu dan Karat

gambar rantai bersih bebas karat, debu dan kotoran oli bekas

Cara membersihkan rantai motor adalah bahasan artikel kali ini. Mengingat peran rantai pada sebuah motor sangat penting sekali, wajib rasanya kita harus membersihkan rantai dari kotoran supaya tidak gampang putus dan bisa bertahan lama.

Jika dibiarkan tanpa tidak dibersihkan, lama kelamaan rantai kan sangat kotor karena terkena debu, bahkan bisa lebih parah lagi jika kamu sebelumnya menggunakan oli bekas sebagai pelumas rantai yang gampang banget membuat debu semakin lengket.

Walaupun kamu menggunakan rantai original atau bahkan after market dari pabrikan ternama sekalipun, rantai tidak akan bisa bertahan lama jika tidak dirawat karena kotor hingga berkarat yang merupakan penyebab utama kenapa rantai cepat kendor dan akhirnya berujung putus.

Merawat rantai yang berkarat atau kotor akibat terkena oli sangat gampang banget. Kamu tak perlu lagi merogoh kocek untuk pergi ke bengkel karena cara membersihkan rantai ini gampang banget, dijamin kamu bisa dengan mudah untuk mempraktekkannya.

Sebelum melangkah lebih jauh lagi mengenai cara membersihkan rantai yang benar ini alangkah baiknya jika kamu menyiapkan beberapa peralatannya terlebih dahulu. Tenang saja kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harga peralatan berikut ini.

Peralatan

  • Bensin, bisa pertamax, pertalite atau premium.
  • Kunci 10 mm dan kunci T 8 mm digunakan untuk membuka pelindung rantai
  • Oli khusus rantai, murah banget gan 1 botol 15 rb
  • Gelas bekas air mineral kecil
  • Sikat gigi bekas

Silahkan siapkan terlebih dahulu peralatan yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan rantai yang kotor dan gampang berkarat tersebut, silahkan simak langkah-langkah berikut ini supaya rantai kamu jadi bersih dan tahan lama.

Cara Membersihkan Rantai

1. Pertama-tama silahkan mulai untuk membuka pelindung rantai menggunakan kunci 10 mm.

2. Jangan lupa juga untuk membuka penutup rantai depab menggunakan kunci T 8 mm

3. Kemudian mulai masukan sedikit Pertamax atau jenis BBM lain yang kamu pakai pada gelas bekas air mineral tadi, jangan banyak-banyak cukup sedikit saja

4. Silahkan mulai menyikat rantai dan gir depan serta belakang sembari dibasahi menggunakan Pertamax hingga bersih, harap pastikan benar-benar bersih supaya hasilnya maksimal.

5. Jangan lupa juga untuk membersihkan penutup rantai depan dan belakang.

6. Setelah rantai dan penutupnya bersih, silahkan semprotkan minyak rantai pada gear dan rantai yang sudah dibersihkan tadi.

7. Silahkan pasang kembali pelindung rantai dan gir yang sudah dibersihkan lagi.

8. Selamat rantai motor kamu sudah bersih, silahkan kembali tuangkan Pertamax sisa ke tangki motor masing-masing.

Penutup

Demikian cara membersihkan yang rantai motor dari karat dan debu supaya tidak gampang putus. Selalu bersihkan rantai supaya bisa bertahan lama dan tidak mudah kendor. Terimakasih sudah membaca artikel kami kali ini, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan