Review, Kelebihan dan Kekurangan Oli Shell Advance AX3

foto botol oli Shell advance AX3

Setelah cukup sibuk melakukan servis besar pada New Vixion, akhirnya saya ada waktu untuk melakukan perawatan pada Supra X 100 milik Papa saya yang sudah menginjak usia 16 tahun. Perawatan pertama yang saya lakukan adalah penggantian oli yang sudah lama tidak diganti.

Pada awalnya saya agak bingung memilih oli yang cocok untuk Supra X lansiran tahun 2003 ini. Sempat terpikir untuk menggunakan oli legendaris besutan Pertamina yaitu Mesran Super, akan tetapi saya ingin mencoba hawa baru dengan menggunakan oli merk lainnya.

Setelah berdiskusi dengan teman setongkrongan yang juga memiliki Supra X lama, saya disarankan untuk menggunakan oli besutan Shell. Karena motor ini digunakan untuk harian, maka saya memutuskan untuk memilih oli Shell advance ax5 yang menurut penuturan teman saya sangat mantap digunakan harian.

Tak berpikir lama, saya langsung memutuskan untuk mengunjungi bengkel langganan. Biasanya di bengkel yang terletak di depan SPBU sempolan ini menjual oli Shell yang variannya lengkap banget baik itu untuk melumasi mesin mobil dan motor.

Akan tetapi pada waktu itu saya tidak beruntung karena stok oli Shell advance AX5 yang menjadi incaran sudah habis. Supaya tidak sia-sia, saya memutuskan untuk membeli oli Shell advance AX3 yang dibanderol dengan harga Rp 35 ribuan saja.

Oli Shell Advance AX3 ini dikemas dengan botol berwarna merah yang sangat menarik sekali untuk diperhatikan, kerennya kemasan oli ini menjadikan oli Shell advance AX3 tidak terlihat murahan. Oli ini hanya tersedia dalam kemasan yang berkapasitas 800 ml yang sangat pas untuk Supra X lama.

Varian oli motor besutan Shell termurah ini adalah oli mineral dengan kekentalan 20w50. Shell Advance AX3 ini memiliki sertifikasi API SG dan JASO MA, jadi sudah pasti sangat mencukupi untuk melumasi mesin motor tipe lama contohnya seperti Supra X 100.

Menurut informasi yang tertera di bagian belakang kemasan, oli ini Diformulasikan dengan Teknologi Pembersihan Aktif Shell yang mampu mencegah partikel-partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan. Juga membantu melindungi dan memperpanjang masa pakai mesin.

Seperti apa kira-kira efek yang akan terjadi pada Supra X 100 setelah menggunakan oli Shell Advance AX3? Silahkan disimak review, kekurangan dan kelebihan dari oli Shell Advance AX3 seperti berikut ini:

Review

Setelah membeli oli tersebut, saya memutuskan untuk melakukan penggantian oli di rumah. Setelah penggantian selesai, motor dihidupkan. Kesan pertama yang saya rasakan adalah suara mesin lebih halus dari sebelumnya, padahal sebelumnya saya menggunakan oli dengan kekentalan yang sama.

Selain suara mesin menjadi lebih halus, oli ini juga bisa membuat oper gigi mesin halus sekali, minim suara. Tarikan lumayan responsif walaupun motor yang saya gunakan adalah motor uzur yang pada bulan Agustus nanti akan berusia 16 tahun.

Yang saya sukai dari oli ini adalah mampu meredam getaran mesin saat digunakan pada kecepatan tinggi. Padahal, Supra X 100 dikenal sebagai motor yang getarannya sangat terasa jika dikendarai pada kecepatan tinggi.

Sampai 1000 kilometer pemakaian oli ini, masih belum ada tanda-tanda penurunan kualitas dari oli murah ini. Tarikan cukup enteng, hanya saja nafas motor tersendat-sendat jika digunakan pada RPM tinggi karena karburator sudah terlalu kotor dan waktunya sudah dibersihkan.

Saya menggunakan pelumas Shell Advance AX3 pada Supra X lama selama 2000 km. Sewaktu penggantian oli, oli ini hanya mengalami penyusutan sekitar 100 ml saja, dengan catatan Supra X 100 milik Papa saya ini kondisinya normal alias tidak ngebul.

Kelebihan

  • Harganya murah
  • Mudah didapatkan
  • Performa cukup memuaskan untuk melumasi mesin lama
  • Spesifikasi dan sertifikasi sudah sangat mencukupi

Kekurangan

  • Rawan oli palsu, maka dari itu belilah oli ini di distributor resmi atau bengkel yang sudah terpercaya.

Penutup

Dengan banderol yang sangat murah, Shell mencoba memecahkan pepatah ada harga, ada kualitas. Saya tidak ragu untuk merekomendasikan oli Shell Advance AX3 untuk melumasi mesin motor lama contohnya seperti Supra X 100.

Komentar

  1. Saya pakai honda revo fit injeksi,, cocok gk kalo pakai shell advance x3?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Rekomendasi Oli Terbaik untuk GL Max

Inilah Bahan Bakar yang Cocok Untuk Yamaha Vixion

Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus di Jalan